Resume Persiapan ICCC 2017 di Kota Makassar

image

Kepada Yth.
–  Bpk. Triawan Munaf
Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI
–  Bpk. Paulus Mintarga
Ketua ICCN
di _ Jakarta

Selamat Malam,

Dengan ini kami paparkan respon kami dari sebagai peserta serta Deklarator ICCN mewakili Komunitas Makassar (KNPI Kota Makassar) terkait pertanyaan dari Sekjend. ICCN Bpk. Liliek Setiawan sebagai berikut :

1. Apakah sudah ada Komunitas Quadro helix semacam SCCN, BCCF atau MCF.

Respon;

a. Untuk kesiapan komunitas quadro helix, kota makassar sementara melakukan komunikasi dan pendekatan komunitas kreatif.

b. Pendataan komunitas kreatif dan pembuatan database jumlah komunitas.

c. Mengadakan Workshop Manajemen pengelolaan komunitas kreatif yang dikerjasamakan dengan Dinas Pariwisata Pariwisata Makassar, yang bertujuan :
Mempertegas serta mempertajam potensi ekonomi kreatif yang ada di Makassar sesuai dengan 10 prinsip Kota Kreatif.Mensosialisasikan rencana kesediaan dan kesiapan Kota Makassar menjadi tuan rumah ICCN 2017.Pada workshop itu juga dimanfaatkan untuk menginisiasi lahirnya komunitas quadro helix di Makassar sebagai salah satu syarat menjadi tuan rumah.

2.  Target apa yg diharapkan Makasar utk dicapai?

Respon ;

a.  Suatu kebanggaan bagi Kota Makassar sebagai gerbang Indonesia Timur untuk menjadi pelaksana ajang bergengsi bagi Kota Kreatif di Indonesia maupun di Asia. Tentu dengan dengan segala dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Makassar.

b.  Dengan menjadi tuan rumah juga menjadi ajang pembuktian bahwa Kota diluar Jawa juga bisa dan tidak kalah dengan Kab/Kota di Pulau Jawa

c.  Dengan kehadiran Kota Makassar sebagai Kota yang berupaya menjadi salah satu Kota Kreatif di indonesia bisa menjadi pemantik bagi Kab./Kota di indonesia Timur untuk terlibat dalam ICCN dengan sentimen kewilayahan yakni dari Indonesia timur.

d. Diharapkan pula nantinya masyarakat Kota Makassar bisa paham serta bisa menjadi pelaku dibidang industri ekonomi kreatif, sehingga Makassar yang selama ini dikenal dengan Kota Jasa, juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi  dengn ekonomi kreatif.

e. Dan tentunya sebagai tujuan dari lahirnya ICCN yang menghimpun dan berjejaring antar Kab/Kota Se Indonesia yang saling support agar dapat dinobatkan sebagai Kota Kreatif Dunia oleh UNESCO seperti Bandung dan Banyumas.

3. Tanggal pelaksanaan

Respon ;

a.  Untuk kepastin jadwal pelaksaan ICCN 2017 di Kota Makassar, akan dikoordinasikan dengan Pihak Pemerintah Kota Makassar sebagai lembaga yang berkepentingan dengan agenda yang dimaksud.

b.  Sebagai alternatif jika ICCN 2017, seperti yang dilaksanakan di Kota Malang yaitu diagendakan bertepatan dengan rangkaian Hari Jadi Kota Makassar Ke 409 tahun, maka pelaksanaanya dibulan November 2017. Tapi sekali lagi tergantung pada Pemkota Makassar.

4.  Upaya-upaya yang telah kami telah lakukan berdasarkan amanah hasil pertemuan tanggal 17 Nopember 2015 di Kantor Bappeda Surakarta, untuk mengkomunikasi Kesiapan Kota Makassar menjadi tuan rumah ICCN 2017, di antaranya :

a. Pasca ICCC 2016 di Kota Solo, kami segera mengkomunikasikan agenda tersebut pada Bappeda Makassar dan Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Kota Makassar serta melaporkan hasil konferensi di Solo kepada Walikota dan Wakil Walikota Makassar.

b. Dari komunikasi ke instansi terkait tersebutlah, sehingga pada saat rapat formatur ICCN 17 Nov 2017 di Bappeda Surakarta kami menghadirkan dan mengajak beberapa staf Bappeda Makassar termasuk salah satu Kasubid Bappeda Andi Eka.

c. Setelah itu pertemuan berikutnya Launching JK3I  yang diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif RI di Cafe Omah Sendok Jakarta pada Senin, tanggal 21 Des 2015 dihadiri oleh Bpk. Triawan Munaf, kami juga berkesempatan hadir bersama Wakil Walikota Makassar bersama Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Makassar.

d. Menyusulkan program workshop manajemen komunitas kreatif seperti yang kami jelaskan diatas.

e.   Kami juga memperkenalkan ICCN dan mensosialisasi hasil ICCC 2016 Solo pada beberapa Kab/Kota diWilayah Sulawesi, bersamaan dengan mendistribusikan undangan ICCC 2016 di Malang.

f.  Dan salah bentuk keseriusan kami dan Pihak Pemkot Makassar, pada konferensi 2016 di Malang, hadir serta bersedia menjadi Speakers Walikota Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto dan Wakil Walikota Makassar Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.Sos., M.Si. ikut pula Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar Ir. Rusmayani Madjid,  Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Kabag Humas beserta Staf. Selain itu kami dari beberapa Komunitas Makassar yaitu KNPI Makassar, Dilo Makassar dan Sebelaspro Makassar.

Demikianlah respon kami terhadap pertanyaan tentang kesiapan Kota Makassar menjadi Tuan Rumah ICCN 2017.  Selanjutnya akan lebih dipertegas oleh Pihak Pemkot Makassar saat konferensi berlangsung.

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan, sekian dan terimakasih

Ditembuskan Kepada Yth.
– Walikota Makassar
– Wakil Walikota Makassar
– Ketua DPRD Kota Makassar
– Kepala Bappeda Kota Makassar
– Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif

Makassar, 30 Maret 2016

Hormat Kami

IRWAN ADE SAPUTRA

Salam Kreatif !!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s